Kaziku.com – Malang, kota dingin dengan berbagai wisata yang memiliki potensi besar ini seringkali menjadi pilihan banyak orang. Hal ini terbukti dari banyaknya destinasi mengunggah hati di kota yang dikenal dengan julukan Kota Arema tersebut. 

Mulai dari wisata pantainya, berkunjung ke Kota Batu yang dingin, hingga menikmati keindahan berbagai “Coban” membuat Malang makin dicintai para traveler. Nah, berikut ini destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berpergian ke Kota Malang.Berikut ini Kaziku akan mengulas destinasi wisata pilihan di Malang.

1. Coban Rondo, Kisah Cinta Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma

Coban Rondo bukanlah nama yang asing lagi, bukan? Benar sekali, Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik yang ada di Malang. Coban Rondo sendiri memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda.

Air Terjun Coban Rondo Malang – dok.tabloidwisata.com

Menurut sejarahnya, hal ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma. Konon, suaminya tersebut tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang menyukai Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun,  sang suami menyembunyikan si istri dari Joko Lelono dan sejak saat itu pula diduga air terjun tersebut mulai ada.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk datang ke air terjun cantik ini silahkan datang ke Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.

2. Menjelajah Jejak Otomotif di Museum Angkut

Selalu bosan ketika mengunjungi museum? Jangan salah, di Kota Malang ini, kamu akan disuguhi museum dengan konsep yang sangat beda. Dijamin, kamu akan betah lama-lama di sini, deh!

Museum Angkut Batu Malang – Dok.wikipedia

Museum ini memiliki konsep yang berbeda jika dibandingkan dengan museum yang ada pada umumnya. Jika museum lain menawarkan benda-benda bersejarah, museum ini hadir dengan koleksi mobil-mobil tua yang otentik.

Tak hanya mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, atau Asia saja, bahkan ada koleksi kendaraan-kendaaran zaman terdahulu seperti kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi. Menarik, bukan?

Ada yang lebih menarik loh, di museum angkut tersebut ada juga loh mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia. Meskipun harus merogoh kocek agak dalam karena harga tiket masuknya yang lumayan mahal (Rp.50.000 untuk weekdays dan Rp.75.000 untuk weekend), kepuasan berkunjung ke museum tersebut dijamin sesuai.

Jangan bingung mikir bagaimana caranya bisa sampai di museum tersebut, karena lokasi museum terletak di daerah Kota Batu dan kamu bisa dengan mudah menemukannya.

3. Mengunjungi Inggil Museum Resto, Belajar Sambil Makan Enak

Inggil Museum Resto hadir berbeda dengan restoran yang lain. Bagaimana tidak, di dalam restoran ini terdapat sebuah museum. Kebayang kan bagaimana uniknya?

Inggil Museum Resto – Wisata di Malang – Dok_Traveloka

Kalau kamu kelaparan tapi juga masih pengen pergi ke objek wisata, jangan khawatir karena di resto ini kamu bisa makan sambil melihat berbagai koleksi benda antik bernuansa Jawa. Mulai dari berbagai jam weker lintas generasi, mesin jahit yang sudah renta, radio tua, koleksi uang kuno, bahkan sampai alat pengering rambut dari Belanda yang berusia 84 tahun. Menarik sekali kan!

Untuk menu makanannya, di restauran ini menyajikan menu-menu khas Jawa Timur yang super enak seperti: nasi jagung, rawon buntut, pecel terong, dan lain sebagainya.

Resto ini terletak di Malang kota, jadi gampang kan untuk kamu mendatangi museum resto ini?

4. Nikmati Kecantikan Alam Ala Omah kayu

Omah kayu, penginapan dengan konsep mirip rumah pohon ini sangat trend di kalangan masyarakat Malang dan Luar Malang. Harga menginap di sini per malamnya sekitar Rp. 250.000 – Rp. 300.000, tapi bagi kamu yang cuma ingin merasakan sensasi duduk-duduk santai bisa kok dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000.

Omah Kayu Batu – Dok_hargatiketwisata.xyz – Wisata di Malang

Yang menarik, di sini pengunjung bisa melihat pemandangan area persawahan dari ketinggian. Menghirup udara segar dan semilir angin Kota Malang menambah kenikmatan nongkrong di rumah kayu tersebut.

Rumah kayu ini berada di Kota Batu Malang. Bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur di Malang,  jangan lupa berkunjung ke tempat ini ya!

5. Menantang “Maut” Ketinggian Lewat Wisata Paralayang

Bagi kamu yang memilki adrenalin yang besar, wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Wisata ini tentunya berada di ketinggian. Sambil melihat panorama alam yang apik dari ketinggian, hal ini terkesan menantang maut bukan? Tapi, tenang saja. Semuanya akan terbayar dengan keelokan Kota Malang.

Maka dari itu, sangat disayangkan apabila kamu sudah ada di Malang dan melewatkan terbang tinggi di langit Kota Apel ini.

Untuk bisa merasakan keseruan ini kamu bisa mendatangi salah satu penyedia jasa paralayang yang terpusat di daerah Batu, Malang.

6. Menikmati Wisata Gratisan yang Gak Murahan Ala Alun-Alun Kota Batu

Kota Batu Malang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang di alun-alunnya terdapat feris wheel atau bianglala. Keren Bukan?

Selain itu di alun-alun ini juga terdapat playground anak-anak, ruang informasi berbentuk strawberry, serta patung bentuk apel yang menjadi icon dari Kota Malang sendiri.

Uniknya kamu gak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk bisa menikmati keseruan di alun-alun Kota Batu. Sekedar duduk-duduk sembari melihat air mancur juga sudah bisa menghilangkan lelah kok!

7. Kecantikan 7 Air Terjun Sumber Pitu

Dari namanya saja sudah bisa membayangkan bagaimana kerennya objek wisata yang satu ini bukan? Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang ini memang sangat unik. Bagaimana tidak, satu air terjun saja sudah keren kan, apalagi kalau ada tujuh!

Menurut cerita masyarakat setempat ada 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu tersebut.

Wisata air terjun ini dinilai memiliki nilai magis, tidak heran jika beberapa warga dari luar desa sering melakukan ritual dengan membawa air dari tempat tersebut karena dipercaya sebagai air suci. Di luar kemagisan yang dipercaya oleh masyarakat setempat, air terjun sumber pitu adalah objek wisata yang memiliki kecantikan luar biasa, loh.

8. Menjamah Pantai Sipelot, “Si Perawan”

Banyak pantai yang masih belum terjamah di Malang salah satunya ialah Pantai Sipelot. Si perawan ini berada di Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang. Pantai ini menyuguhkan pasir berwarna coklat dan laut yang berwarna biru jernih. Tak jarang, ia menjadi magnet kuat untuk menarik perhatian wisatawan.

Sayangnya kamu tidak bisa berenang di pantai tersebut karena ombaknya tinggi sehingga cukup berbahaya. Meskipun begitu, ada Coban Sipelot, yakni air terjun yang tingginya sekitar 10 meter yang bisa kamu rasakan serunya bermain air di sana.

10. Mengunjungi Tanah Lot-nya Jawa Timur, Pantai Balekambang

Apa yang terlintas dipikiran kalian ketika melihat Pantai Balekambang? Mirip dengan Tanah Lot Bali bukan? Hal yang membuat pantai ini memiliki kemiripan dengan Pantai Tanah Lot adalah keberadaan pura yang terletak di tengah laut.

Pantai yang terletak 65 KM di Selatan Kota Malang ini setiap harinya ramai dikunjungi. Hal itu karena Pantai Balekambang ini menjadi salah satu pantai favorit masyarakat Malang. Bibir pantai Balekambang terbentang sepanjang 2 KM dengan deburan ombak yang sedikit tinggi.

10. Mengunjungi Museum Kesehatan Jiwa Satu-satunya di Indonesia

Ada yang menarik di wisata kali ini. Bagi kamu yang merasa ingin mengetahui info-info seputar kesehatan jiwa, kamu bisa mengunjungi Museum Kesehatan Jiwa di Malang. Museum ini satu-satunya museum kesehatan jiwa yang ada di Indonesia loh.

Usia museum jiwa ini sudah sekitar 110 tahun. Di dalamnya terdapat berbagai alat-alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Namun karena ukuran museum yang belum memadai maka baru ada 700 koleksi alat kesehatan yang bisa dipajang. Museum ini didirikan pada tahun 2009.

11. Merasakan Sensasi Mandi Bersama Alam Di Sumber Air Krabyakan

Sumber Air Krabyakan yang terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang ini bisa kamu jadikan wisata pemandian pilihan saat berkunjung ke Malang. Tidak perlu membayar mahal untuk merasakan sensasi mandi di alam ini karena pengunjung hanya dipungut biaya sebesar Rp.1.000.

Pemandangan alamnya yang elok dengan hamparan sawah dan batu kali yang mengelilingi kolam menambah sensasi mandi di kolam alam ini. Sayangnya, untuk sampai ke sini kamu harus sering-sering bertanya pada masyarakat setempat karena belum adanya penunjuk arah yang jelas.

12. Ketenangan Pulau Lombok Ala Pantai Ngeliyep

Tidak perlu jauh-jauh ke Lombok untuk menikmati keindahan pantainya. Jika ingin melihat pantai berpasir putih, di Malang juga ada kok.

Pantai cantik berpasir halus ini terletak 62 KM dari Selatan Kota Malang. Selain pasir putihnya, pantai tersebut terhitung masih sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Jawa Timur. Kamu bisa bersantai sembari menikmati deburan ombak yang datang di antara batu karang di tengah lautan.

13. Mengunjungi Cagar Alam Pulau Sempu

Keindahan Pulau Sempu memang luar biasa, sehingga banyak yang berkunjung ke sana. Namun bagi kamu yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana.

Banyak traveler yang datang ke wisata ini untuk camping di pantai yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing. Wow!

Satu yang perlu kamu ingat jika berkunjung ke sini. Pulau Sempu pada hakikatnya adalah Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya . Apabila kamu berkunjung ke Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat ini ya.

14. Belajar Sejarah Indonesia Lewat Topeng di D’Topeng Museum

Museum dengan desain unik ini berdekatan dengan lokasi Museum Angkut. Museum topeng ini baru dibuka pada Mei 2014 lalu. Di dalamnya pengunjung dapat melihat berbagai jenis topeng khas Jawa Timur, NTB, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua.

Tidak hanya topeng, museum ini mengoleksi berbagai benda pra sejarah hingga zaman Majapahit. Untuk bisa masuk ke museum unik ini pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp.25.000 untuk tiket masuk. Namun jika ingin membeli tiket terusan (Museum Angkut+Museum D’topeng) pengunjung hanya perlu membayar Rp.60.000 pada weekdays dan Rp.85.000 saat weekend.

15. Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya

DiKecamatan Lawang, Malang, tepatnya di Agro Tawon Rimba Raya kalian akan diajak memanen madu langsung di sarangnya. Setiap sarang yang siap panen berukuran 4 cmx 4 cm dihargai Rp.10.000.

Kalau kamu gak mau ribet dengan urusan panen memanen bisa juga sekadar mencoba minuman seperti es madu, jus jambu madu, serta berbagai produk lainnya yang berhubungan dengan lebah.

Tak hanya itu, di sini juga menyediakan jasa terapi sengat lebah yang katanya berguna mengobati penyakit seperti kanker atau stroke.

16. Melihat Keberadaan Gerbong Maut di Museum Brawijaya

Museum Brawijaya, begitu sebutannya. Museum yang terletak di Jalan Ijen Malang ini menyimpan berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan sejarah perjuangan masyarakat Malang saat melawan penjajah.

Di dalamnya ada ada tank yang digunakan saat perjuangan pada 10 November 1945 di Surabaya. Tak hanya itu, ada juga koleksi mobil dinas, senjata perang, topi baja, dan juga sepatu tempur yang semuanya memiliki nilai sejarah yang besar.

Namun, hal yang paling legendaris dari koleksi benda berserah di museum tersebut adalah keberadaan gerbong maut yang dulunya mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya.

Menurut sejarah, 100 orang pejuang ini dimasukkan ke dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surbaya. Ketika sampai di tujuan banyak tentara yang sudah tewas akibat kehabisan energi. Hanya ada 12 orang yang tersisa dan kemudian langsung dimasukkan ke dalam penjara Kalisosok di Surabaya.

17. Alun-Alun Kota Malang, Wisata Murah dan Apik

Siapa yang ingin melewatkan wisata murah dan apik? Alun-alun Kota Malang sangat sayang untuk dilewatkan rasanya. Sembari melepas penat, kita bisa bersantai-santai di rerumputan.

Alun-alun ini berbeda dengan alun-alun yang terletak di Kota Batu ya. Selain bisa melihat burung merpati, pengunjung juga bisa melihat air mancur jernih yang ada di tengah alun-alun.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati intrenet gratis yang disediakan oleh PT Telkom. Jadi buat kamu yang bingung mau ke mana berwisata di Alun-Alun Malang adalah pilihan yang menarik untuk dicoba.

18. Menguak Sejarah di Museum Malang Tempo Doeloe

Sebagai pendatang tentunya kamu bertanya-tanya kan asal-usul Kota Malang bukan? Untuk bisa mengetahui bagaimana sejarah kota ini kamu bisa datang ke Museum Malang Tempo Doeloe.

Di museum ini kamu bisa melihat secara utuh sejarah kota yang sudah ada sejak tahun 1914. Mulai dari sejarah pembentukan Kota Malang sejak 1,5 juta tahun yang lalu hingga zaman perjuangan kemerdekaan.

Di sini, kita bisa menjumpai tembikar yang sudah berusia ratusan tahun, melihat kembali sejarah kerajaan yang pernah ada di Malang, serta melihat berbagai prasasti peninggalan.

Untuk bisa melihat sejarah Kota Malang tentunya tak perlu mahal-mahal. Bagi pengunjung umum hanya perlu mengeluarkan uang Rp.15.000 dan Rp.5.000 untuk yang masih berstatus pelajar.

19. Singkap Lelah di Pemandian Air Panas Cangar Batu

Lelah bertamasya? Ingin menyingkap lelahmu dengan mandi air hangat? Di Malang ada loh pemandian air hangat yang sangat apik dan pastinya bikin kamu betah berlama-lamaan berendam.

Tempat tersebut ialah Pemandian Air Panas Cangar Batu. Di tempat ini kamu bisa berendam air panas sambil merileksan tubuh yang pegal-pegal. Selain berguna untuk membuat badan rileks, air panas di sini juga berguna untuk menghilangkan berbagai penyakit kulit.

Tiket masuk ke pemandian ini juga cukup murah hanya Rp.5.500 saja.

20. Wisata Malam di Batu Night Spectacular

Ingin bertamasya di malam hari? Batu Night Spectacular (BNS) pilihannya. Tempat ini adalah salah satu taman rekreasi yang sangat terkenal di Kota Batu, Malang.

Berbagai wahana menari seperti sepeda terbang (dari sini kamu bisa menikmati city light Kota Malang), tampan lampion yang romantis banget, trampolin, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di night market yang ada di sepanjang jalan menuju pintu keluar. Tersedia juga food court yang siap melayani pengunjung yang kelaparan setelah bermain di BNS.

Harga tiket masuk BNS Rp.20.000 untuk weekdays dan Rp.25.000 saat weekend. Jika ingin menikmati berbagai wahana akan dipungut biaya lagi yang berkisar antara Rp.10.000-Rp.15.000 tergantung dari jenis wahannya.

21. Kebun Binatang Apik Secret Zoo

Kebun binatang yang terkesan tidak terurus? Bukan untuk kebun binatang yang satu ini. Di kebun binatang ini kamu bisa melihat berbagai koleksi binatang yang langsung didatangkan dari berbagai benua seperti Amerika dan Afrika.

Konsep yang terorganisir membuat pengunjung bisa dengan mudah melihat semua koleksi binatang secara keseluruhan. Secret Zoo yang diresmikan pada tahun 2010 ini berada pada luas area 14 hektar memang sangat cocok dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Malang baik bersama keluarga atau pun teman-teman.

Untuk masuk ke wisata ini, harga tiket masuk yang harus kamu beli ialah seharga Rp.70.000 (Senin-Kamis) dan Rp.100.000 (Sabtu-Minggu).

22. Sensasi Memetik Teh di Kebun Teh Wonosari Malang

Kalau kamu berminat wisata kebun teh, tentu ada juga di Malang. Namanya ialah Kebun Teh Wonosari, Malang. Di sini pengunjung bisa berjalan-jalan di kebun teh, melihat pengolahan teh, bahkan juga menikmati teh secara langsung.

Di daerah kebun teh ini juga kamu bisa berendam di kolam air panas, outbond, berkemah, bahkan sampai jalur pendakian ke Gunung Arjo.

23. Merasakan Manisnya Es Krim Legendaris Toko Oen

Nggak lengkap rasanya kalo nggak kulineran di Malang? Yang satu ini mungkin bisa kita sebut wisata kuliner kali ya. Sebutannya  Toko Oen. Toko ini adalah toko es krim yang sudah beroperasi sejak tahun 1930. Tua banget kan?

Toko Oen sangat kental dengan arsitekturnya yang bergaya Belanda. Harga es krim di sini juga gak mahal-mahal banget kok, ya sekitar Rp.20.000.

Nah, itulah wisata-wisata atau tempat yang bisa kamu kunjungi pada saat ke Malang. Selain ke-23 tempat tadi masih banyak tempat-tempat lainnya yang gak kalah keren untuk kamu datangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here