Home News Eco Green Park Malang

Eco Green Park Malang

255
0

Sedang mencari tempat wisata untuk berlibur yang bertema lingkungan dan alam? Di Malang, ada juga tempat untuk mengenal alam sekitarmu loh. Tempat tersebut bernama Eco Green Park Malang.

Di tempat wisata edukatif dengan tagline ‘fun & study’  ini, kamu akan belajar banyak tentang lingkungan dengan cara yang sangat menarik. Mulai dari berpetualang di hutan, bertemu banyak beo cantik, mendaur ulang sampah, sampai melakukan perjalanan untuk merasakan kerusakan alam yang telah diperbuat manusia.

Wahana dan Atraksi di Eco Green Park Malang

Di dalam objek wisata yang berlokasi di Batu Malang ini, pengunjung akan ditawari wahana wahana permainan yang bertema lingkungan dan kegiatan yang dekat dengan dunia binatang  lucu seperti berikut ini. Pengunjung dapat mempelajari bagaimana cara menjaga lingkungan dan nikmati koleksi satwa burung yang eksotis.

Peta Wanaha Eco Green Park

Peta Wahana Eco Green Park Batu Malang

Dimulai dari gerbang Masuk Eco Green Park terdapat shuttle untuk kamu, teman-teman atau keluarga bisa berpindah menuju park-park lainnya. Bahkan di Gerbang Masuk Eco Green Park kamu bisa selfie, wefie maupun berfoto ria dengan latar belakang yang hijau dan asri. Berikut daftar wahana di Eco Green Park.

Eco Science Center

Di wahana bernama Eco Science Center, kita bisa belajar tentang asal usul bumi, bencana alam, kerusakan lingkungan, gunung berapi, tambang batu bara, dan masih banyak lagi, baik secara visual dan maupun praktek.

Ruangan di wahana yang baru didirikan tahun 2013 ini didesain menyerupai struktur alam asli. Berbagai perangkat multimedia canggih berskala internasional pun siap melayani keingintahuan pengunjung tentang alam.

Selain alam, wahana di Eco Green Park Malang ini juga memberikan edukasi tentang budaya melalui replika 30 candi di Jawa dan Bali.

Jungle Adventure

Sesuai namanya, wahana di Eco Green Park Malang ini akan mengajakmu seru seruan di hutan. Bukan hutan asli kok, melainkan hutan buatan di taman wisata ini. Kamu akan diajak berkeliling menggunakan kereta tak beratap dan dibekali senjata. Nah, kamu diharuskan menembak pemburu yang kamu temui di tengah jalan.

Berapa banyak pemburu yang kamu tembak akan muncul di papan skor di akhir perjalanan petualangan ini. Lumayan nih, buat melemaskan tangan.

Owl House

Di salah satu wahana Eco Green Park ini, kamu bisa nemuin banyak banget berbagai jenis burung hantu dari berbagai daerah. Dan enggak cuma itu lho, kamu diberi kesempatan memegang dan berfoto bareng sama burung hantu.

Masih soal burung burung nih. Kalau tadi udah ketemu si burung hantu yang pendiam, sekarang giliran ketemu sama si cerewet burung beo. Di wahana World of Parrot terdapat banyak banget burung beo warna warni yang lucu banget.

Selain bisa melihat burung beo dan kakaktua yang berwarna warni, kamu juga bisa melihat spesies langka burung burung tersebut yang berasal dari berbagai penjuru dunia seperti misal kakaktua raja.

Kalau masih belum puas melihat tingkah usil mereka, pantengin juga acara Parrot Show. Parrot Show diadakan setiap hari jam 11.00 WIB dan 14.00 WIB. Jadi jangan sampai ketinggalan!

Hanoman Bioskop 3 Dimensi

Bukan Eco Green Park Malang namanya kalau enggak bisa bikin kamu belajar dengan cara menyenangkan, termasuk belajar sejarah. Dalam Hanoman Bioskop 3 Dimensi ini, kamu akan diajak melihat bagaimana aksi Hanoman memberantas kejahatan.

Tapi jangan kira kamu bakal nonton wayang. Semua aksinya dalam film berdurasi 10 menit ini dikemas melalui layar datar 3 dimensi yang bisa berpindah pindah dari dinding yang satu ke dinding yang lain di dalam sebuah dome. Jadi enggak bikin ngantuk.

Rumah Terbalik

Tempat ini enggak cuma bisa dibuat spot foto, tapi bisa bikin kamu merinding. Begitu kamu masuk, lampu lampu akan padam lalu menyala dengan sendirinya secara silih berganti.

Udah gitu, perkakas perkakasnya bergetar hingga terasa hampir jatuh, mirip gempa. Duh, ini rumah terbalik apa rumah setan sih? kok horor banget!

Tenang, itu tadi bukan ulah setan kok. Dia tidak bersalah dalam hal ini. Semua kejadian tadi diakibatkan oleh adanya sensor tubuh di wahana Eco Green Park Rumah Terbalik ini. Sensor yang mengenai tubuh pengunjung akan mengaktifkan sistem sehingga terjadi hal hal di atas. Seru kan?

Animal Farm

Di tempat ini kamu akan melihat proses pembuatan susu dari pemerahan, diproses ke laboratorium sampai dikonsumsi. Sapi dan kambing yang ada disini didatangkan dari berbagai daerah di dunia seperti misal kambing ceko atau sapi long horn dari Amerika Serikat.

Dan tidak cuma melihat, pengunjung juga diberi kesempatan untuk memerah sapi sampai meminum susunya juga. Untuk proses pemerahan ini, sapi yang dipakai adalah sapi australia dan proses demonstrasi pemerahan sapi ini diadakan setiap hari di waktu pagi dan sore.

Water Outbound dan Water Track

Yang suka main air di pantai musti mampir ke wahana ini. Sebetulnya ini adalah dua wahana yang berbeda namun letaknya tak jauh antara satu dengan yang lain. Di Water Outbound, banyak permainan air yang tersedia seperti sepak bola air dan ember raksasa.

Nah, untuk wahana Water Track, pengunjung diharuskan berjalan di atas pijakan kayu yang berbentuk balok dan bundaran. Bagi siapa yang tak hati hati, maka siap siap berbasah basah ria karena kecebur.

Metal Recycle

Recycle, kata ini cuma sering diucapin aja, namun jarang dilakukan. Ada yang nggak peduli, tapi banyak juga yang pengen mewujudkannya tapi nggak tahu caranya. Nah, Eco Green Park Malang akan memberi tahumu bagaimana melakukan proses daur ulang lewat wahana Metal Recycle.

Di Metal Recycle, kamu akan melihat seperti forklift kecil dan setumpuk sampah betulan. Dan disitu kamu akan dipandu bagaimana memilah sampah dan memprosesnya agar bisa di daur ulang.

Plaza Music

Di tempat ini, alat apapun bisa jadi musik, termasuk perkakas rumah tangga yang sudah tak terpakai. Wahana ini berupa kolam air besar yang kanan kirinya dilengkapi dengan senapan air.

Air yang ditembakan ke arah perkakas atau baling baling akan memantul ke benda di sekitarnya dan menghasilkan alunan musik yang berbeda beda. Ternyata, barang bekas juga ada manfaatnya ya?

Eco Journey

Ini adalah wahana dimana kita akan duduk di kereta dan di ajak berkeliling untuk menyaksikan kerusakan alam akibat ulah manusia. Tak hanya itu, kita juga akan diedukasi bagaimana cara menjaga keseimbangan alam.

Wahana Lainnya

Selain wahana wahana di Eco Green Park yang disebutkan di atas, masih banyak wahana lain yang bisa kamu nikmatin di antaranya:

  • Kolam Ikan Koi
  • Simulasi Pembangkit Listrik
  • Skema Pompa Gravitasi Air
  • Rumah Serangga Batu
  • Walking Bird
  • Silase
  • Lab Pengolahan Susu
  • Aquaponic
  • Taman Bio Gas
  • World Pheasant
  • Rumah Hidroponik
  • Simulasi PLTMH
  • Excotic Bird of Paradise
  • Rumah Edukasi Mangga
  • Duck Kingdom
  • Eagle Park
  • Show Penguin
  • Surgery Room
  • Nursery
  • Bird Gallery
  • Foto 3D Art
  • Excavator
  • Budgerglar
  • Angry Bird
  • Merpati Dunia
  • Pasar Burung Tempo Doeloe
  • Exotic White Peacock
  • Pembelajaran Toga
  • Kendali Hama
  • Ruang Seni Daur Ulang

Fasilitas Eco Green Park Malang

Untuk membuat pengunjung tempat Wisata Eco Green Park semakin nyaman menjelajah seluruh area, objek wisata ini menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti:

  • Shuttle Train/Car
  • E-bike Station
  • Food Court
  • Akses Ramah Kursi Roda
  • Minimarket
  • Pasar Hewan
  • Tempat Ibadah
  • Area Merokok
  • Pusat Informasi

Cara Menuju Eco Green Park

Kendaraan Pribadi

Untuk kamu yang berasal dari Jawa Tengah, kamu bisa menuju ke Eco Green Park via jalur pantai selatan dari Solo.

Untuk rute yang diambil adalah sebagai berikut: Solo – Sragen – Ngawi – Saradan – Nganjuk – Jatipelem/Jombang – Pare – Ngantang – Batu (Alun Alun Kota Batu). Dari tempat ini, kamu bisa menuju Jl. Diponegoro lalu beloklah ke Jl. Imam Bonjol Bawah.

Dari pertigaan Jl. Imam Bonjol Bawah, beloklah ke Jl. Agus Salim dan dari situ kamu akan bertemu dengan Jl. Oro-Oro Ombo. Ikuti jalan itu terus sampai menemukan sebuah restoran fast food Amerika lalu belok ke kanan makan kamu akan langsung ketemu destinasi ini.

Bila kamu berasal dari arah Surabaya, kamu bisa lewat Tol Surabaya Gempol lalu dilanjutkan ke Tol Gempol Pandaan. Keluar dari exit Pandaan, melajulah ke arah Singosari – Malang – Batu. Dan dari sini, kamu bisa ikuti rute di atas.

Untuk kamu yang berasal dari arah Jakarta, rute yang diambil adalah Jakarta – Tegal – Batang – Semarang – Bawen – Salatiga – Boyolali – Solo lalu rute seterusnya sama dengan rute dari kota di Jawa Tengah.

Saat akan melewati jalur tol pastikan anda membawa e-toll card dengan saldo yang cukup.

Kendaraan Umum, Bus/Pesawat/Kereta Api

Saat ini sudah tersedia mobil angkutan len/line (angkot) yang langsung menuju ke Eco Green Park, namun memang perlu transit dahulu. Titik utama untuk menjangkau tempat ini adalah Terminal Arjosari bila dari luar kota dari jalur Surabaya – Pasuruan.

Bila kamu naik bus, kamu akan diturunkan di terminal Arjosari langsung. Dari sini, naiklah angkot berkode ADL/AL yang menuju ke Terminal Landungsari. Dari Landungsari, naik angkot berkode BJL/BTL yang menuju ke Kota Batu.

Nanti, kamu bisa turun di wisata Jatim Park 2. Dari objek wisata ini, cuma butuh waktu 3 menit untuk menuju Eco Green Park Malang.

Kalau dari Stasiun Kotabaru Malang, naiklah angkot AL/ADL menuju ke Terminal Landungsari. Setelah itu, rute dari Landungsari sama dengan rute angkot dari terminal di atas.

Alternatif lain adalah naik ojek online seperti Go-Jek atau GRAB, jika bersama rombongan atau keluarga dapat menyewa G0-Car maupun Grab Car.

Harga Tiket Eco Green Park

Harga tiket masuk Eco Green Park pada weekday  (Senin sampai Jumat) dibandrol Rp 70.000 per-orang, sementara untuk weekend atau Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional dibandrol Rp 80.000. Untuk anda yang berada di Jatim Park 2 dan ingin mendapatkan akses ke Eco Green Park, anda dapat membeli tiket terusan sebesar Rp 150.000. Harga tiket masuk Eco Green Park tersebut sangatlah sesuai dengan kenyamanan dan berbagai fasilitas yang anda dapatkan.

Harga Tiket Eco Green Park Batu Malang

Eco Green Park sendiri masih satu manajemen dengan beberapa wahana Jatim Park Group di Batu, Malang. Sehingga tersedia solusi tiket all-in, yaitu beberapa tiket terusan dengan harga lebih ekonomis untuk masuk ke semua wisata Jatim Park Group sesuai paket yang dibeli.

Tiket terusan paket KAGET 2 (Jatim Park 2 + Eco Green Park Malang) tersedia dengan harga Rp105.000 (Senin – Kamis) dan Rp150.000 (Jumat – Minggu).

Bila kamu berencana meluangkan waktu lama di Malang, kamu bisa membeli tiket sakti dan tiket super sakti untuk liburan lebih lama dengan memasuki semua wisata Jatim Park Group.

Tiket sakti dijual seharga Rp375.000 (Senin – Minggu) dengan masa berlaku 2 hari untuk mengunjungi 8 destinasi wisata Jatim Park Group seperti Jatim Park 1, Museum Angkut, Eco Green Park Malang, BNS, Predator Fun Park, Museum Tubuh, Museum Satwa dan Batu Secret Zoo (Jatim Park 2).

Sedangkan, tiket super sakti dijual Rp450.000 (Senin – Minggu) ke 8 destinasi yang sama di atas, namun dengan masa berlaku lebih lama, yaitu 3 hari.

Jenis Tiket Harga Tiket
Weekday/Senin – Jumat Rp. 70.000
Weekend/ Sabtu – Minggu,Libur Nasional Rp. 80.000
Jatim Park 2 + Eco Green Park Rp. 150.000
Tiket Sakti Rp. 375.000
Tiket Super Sakti Rp. 450.000

Disclaimer : untuk daftar harga tiket masuk Eco Green Park di atas bisa saja berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu menurut kebijakan dari pengelola dari eco green park.

Jam Operasional Eco Green Park

Untuk Jam Buka dari Eco Green Park Malang ini sendiri di buka pada setiap hari nya mulai senin sampai jumat di buka pukul 09.00 wib sampai 17.00 wib dan begitu pula untuk hari sabtu dan minggu di buka dengan jam yang sama.

Catatan, Sebelum Berwisata ke Eco Green Park

  • Waktu ideal dan tepat untuk berkunjung ke wisata edukasi Eco Green Park adalah di hari kerja. Selain harga tiket jadi jauh lebih murah, pengunjung pun tak terlalu ramai sehingga bisa lebih puas menikmati semua wahana.
  • Hindari pergi ke destinasi ini saat musim hujan, karena biasanya saat hujan para satwa memilih berteduh sehingga kamu tak bisa puas berinteraksi dengan mereka.
  • Karena jumlah wahana yang sangat banyak, datanglah lebih awal atau pagi-pagi saat jam awal buka, agar kamu lebih puas menjelajah semua wahananya.
  • Pengunjung memang diberikan kebebasan berinteraksi dengan satwa, namun jangan menggunakan kebebasan ini secara semena – mena dengan memberikan makanan aneh untuk hewan.

Eco Green Park merupakan salah satu whana wisata alam yang populer di Batu, Malang. Untuk informasi wisata populer lain di Malang telusuri lebih lanjut di menu kategori ( Wisata Malang ) kaziku.com. Selain itu lihat pula ulasan dan review akomodasi penginapan dan hotel terbaik di Batu dan Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here