Home News Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jawa Timur

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jawa Timur

189
0

Salah satu provinsi terbesar di Indonesia ialah Jawa Timur. Tak jarang, Jawa Timur menjadi salah satu tujuan berpergian, dari belajar, berbisnis, hingga sekadar pulang kampung. Tak hanya itu, Jawa Timur juga menjadi destinasi wisata favorit, baik digemari wisatawan domestik maupun mancanegara. Tentunya, ada banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi di Jawa Timur.

Berikut tempat wisata yang wajib di kunjungi di Jawa Timur:

  1. Gunung Bromo

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata ini? Gunung Bromo merupakan salah satu ikon wisata Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang berada di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian 2392 m dpl memang sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya.

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) dan nama Gunung Bromo sendiri konon berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dari Dewa menurut keyakinan agama Hindu. Pada Hari-hari tertentu, biasanya diadakan ritual yang dilakukan oleh warga sekitar.

Pesona Gunung Bromo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, seperti berkuda, berfoto, mendaki gunung, menikmati keindahan sunset, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai dengan hamparan pasir berwarna putih di Situbondo ini sangat memikat hati wisatawan. Pantai Pasir Putih, begitu masyarakat menyebutnya. Pantai ini berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Apabila kamu ingin mengunjungi pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari kota Surabaya.

Karena pasirnya putih, maka pantai ini terlihat lebih jernih. Kita bisa melakukan banyak hal di sini, seperti berenang, berfoto, dan bermain pasir.

  1. Wisata Telaga Sarangan

Pernah mendengar tempat bernama telaga sarangan? Benar sekali, tempat tersebut ialah tempat wisata yang juga menarik yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Jawa Timur. Pemandangan yang ada di sini sangat elok dan menakjubkan, tak heran jika Telaga Sarangan menjadi pilihan untuk berlibur.

Danau ini memiliki luas sekitar 30 ha dengan kedalaman sekitar 28 meter. Lokasinya kurang lebih terletak sejauh 16 km dari pusat Kota Magetan. Anda bisa menaiki kapal di sini, selain itu banyak terdapat penginapan yang mempermudah anda untuk berlibur di tempat ini lebih dari satu hari. Jika ingin berkuda dan bermain air, di tempat wisata ini juga bisa, loh.

  1. Ranu Kumbolo

Wisata ranu kumbolo merupakan satu objek wisata paling terkenal di daerah Jawa Timur. Selain itu, wisata ini juga dianggap menarik karena ia berada di jalur pendakian gunung semeru dan masuk dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kondisi alam yang sangat elok lengkap dengan udara yang segar akan membebaskan segala pikiran pusing yang disebabkan oleh kehidupan modern yang penuh dengan kesibukan. Oleh karena itu, objek wisata danau ranu kumbolo semeru ini populer untuk dipilih meskipun lokasinya agak susah dijangkau oleh kebanyakan anak-anak muda.

Jika mengunjungi tempat ini, anda dapat membuat tenda dan bermalam di sini.

  1. Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah salah satu dari surga panorama wisata Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Daya tarik Pulau ini adalah sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah pulaunya.

Selain itu, danau ini terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Pasir yang terdapat di Pulau Sempu sangatlah bersih dan lembut. Membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diincar wisatawan, loh.

Pulau Sempu berada di Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang (Malang Selatan), Propinsi Jawa Timur. Untuk mencapai Pulau ini dari kota Malang anda disarankan membawa kendaraan pribadi roda empat. Jarak dari kota Malang menuju Pulau Sempu sendiri sekitar 69 km.

Saat anda sampai di Pantai Sendang Biru, anda harus menyewa perahu boat yang berbiaya sekitar 150 ribu untuk mencapai Pulau Sempu. Jangan lupa, nanti Ibu penjaga perahu akan memberikan nomor hpnya untuk anda hubungi ketika anda bermaksud hendak pulang dan minta dijemput di tepi pantainya.

  1. Pantai Plengkung

Bagi pecinta selancar, Pantai Plengkung pilihan yang tepat. Pengunjung bisa menguji keahliannya menaklukkan ombak di pantai ini. Pantai Plengkung disebut juga sebagai Pantai G Land.

Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan menggulung-gulung. Ombak inilah yang dicari oleh para pegiat olahraga outdoor surfing ini. Bahkan pantai ini dikatakan memiliki ombak terbaik se-Asia Tenggara untuk kegiatan surfing, dan merupakan salah satu dari 7 pantai dengan ombak terbaik di dunia.

Untuk pengunjung yang tidak memiliki bakat selancar dan memang tidak ingin berselancar, maka pantai ini tetap bisa memberikan pemandangan terbaiknya. Pantai yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi yang eksotis ini sangat indah dan bisa disusuri dengan leluasa. Bahkan jika ingin, wisatawan bisa juga naik kapal untuk menyaksikan secara lebih dekat cara peselancar melakukan atraksinya di atas ombak yang menggulung. Selain itu, wisatwan juga bisa melakukan tracking. Keren, Bukan?

  1. Pantai Bandealit

Pantai ini juga tidak bisa anda lewatkan jika berkunjung di Jawa Timur. Masyarakat menyebutnya Pantai Bandealit. Keindahan alam yang eksotis dan memukau menjadi hal yang menarik dari pantai ini.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah alamnya yang masih alami dengan udara yang masih segar. Apalagi dengan adanya kawasan hutan lindung yang semakkin menambah kesejukan di sekitar pantai. Kealamian Pantai Bandealit juga cukup terjaga yang dibuktikan dengan kebersihan dan kejernihan air lautnya.

Bermain di Pantai Bandealit juga cukup menyenangkan dan aman karena ombaknya yang tenang dan teratur meski pantai ini bagian dari gugusan pantai selatan. Selain bermain air, pengunjung juga bisa melakukan sejumlah oleharaga air mulai dari berenang, body board, jet ski, hingga berselancar angin.

  1. Pantai Sendang Biru

Satu lagi pantai yang menarik di Malang. Pantai Sendang Biru namanya. Pantai ini terletak di 30 Km bagian selatan Malang dan berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan.Pantai Sendang Biru berpotensi sebagai obyek wisata yang sangat indah yang bisa dikunjungi.

Pantai Sendang Biru ini ini juga dikenal sebagai tempat pendarat dan pelelang ikan di Malang. Dinamakan pantai Sendang Biru karena di pantai ini terdapat sumber mata air yang biasa disebut sebagai sendang, dan berwarna biru.

Untuk mencapai pantai ini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, juga kendaraan umum. Untuk kendaraan umum bisa diakses menggunakan Mikrolet jurusan Gadang – Turen – Sendang Biru.

  1. Pantai Pulau Merah

Banyuwangi memang terkenal akan pantainya yang apik. Salah satunya ialah Pantai Pulau Merah, yang menjadi incaran wisata dalam negeri maupun luar negeri. Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 KM. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 M. Di bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Selain pemandangan menawan yang dimiliki nya, pengunung akan dimanjakan dengan ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove.

  1. Pantai Balekambang

Bagi yang sering berlibur ke Malang pasti sudah sering dong mendengar nama pantai ini. Siapa sih yang nggak tau Pantai Balekambang? Pantai ini menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun luar karena keindahan dan pesonanya. Pantai Balekambang terlihat lain dari kebanyakan pantai-pantai di sepanjang pesisir Jawa Timur, membuatnya mendapat julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur”, loh.

Pantai Balekambang ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Dari pusat kota Malang, pantai ini dapat dicapai sejauh 60 kilometer ke arah selatan.  Suasana tenang dan udara sejuk khas pantai dapat menjadi obat mujarab bagi wisatawan untuk melepaskan penat dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kota.

Di bibir pantai, wisatawan akan disuguhi oleh hamparan lautan luas dengan air berwarna biru jernih, deburan ombak yang tidak terlalu besar dan panorama khas pantai yang berkarang. Pantai Balekambang adalah pantai dengan tipikal yang bersih dan tertata dengan rapi. Kalau ke Malang, jangan lupa untuk pergi ke pantai ini, ya!

  1. Kawah Ijen

Terkenal dengan penghasil belerangnya, tempat ini juga bisa dijadikan destinasi wisata loh. Lagi-lagi tempat ini terdapat di “Kota Wisata” Banyuwangi.  Namanya Kawah Ijen. Kawah Ijen ini adalah sebuah kawah dari Gunung Ijen yang memiliki panorama indah dan bisa dikunjungi sebagai objek wisata pegunungan. Pemandangan yang ditawarkan akan memberikan ketenangan tersendiri bagi para wisatawan.

Salah satu keunggulan dari Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire. Blue Fire adalah pemandangan api biru dari belerang di Kawah Ijen yang konon katanya hanya ada 2 di dunia. Blue Fire ini hanya bisa dilihat saat hari sedang gelap, alias malam hari. Hal inilah sisi unik dari Gunung Ijen. Wisatawan yang ingin menyaksikan Blue Fire harus mendaki mulai tengah malam agar tidak kehilangan pemandangan tersebut.

Saat pagi menjelang, wisatawan juga bisa berburu pemandangan matahari terbit yang indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

  1. Wisata Jawa Timur Park

Kalau yang stau ini, pembaca mungkin sudah tau yaa. Tempat wisata ini memang terkenal di Batu, bahkan hingga luar kota. Siapa yang tak kenal Jawa Timur Park 1? Jatim Park 1 Malang merupakan salah satu wahana rekreasi keluarga. Selain media untuk rekreasi, Jatim Park 1 juga mengusung konsep edukasi dengan dilengkapi wahana Galeri Belajar bernama Science Stadium.

Di Jawa timur Park 1 terdapat banyak wahana dan permainan. Yaitu, supersemar coaster,  sky ride, pendulum 360, waterboom, dan masih banyak yang lain.

  1. House Of Sampoerna

Wisata kali ini terletak di Surabaya Kota, yaitu House of Sampoerna. Destinasi wisata ini merupakan komplek wisata yang terdiri dari museum, galeri, restoran, dan menyelenggarakan tur wisata Kota Lama. Letak Museum House of Sampoerna ini tak jauh dari kawasan Jembatan Merah, kawasan “kota tua” di Surabaya.

Di kawasan ini masih banyak bangunan peninggalan jaman Kolonialisme Belanda yang hingga kini masih dimanfaatkan keberadaannya. Salah satu bangunan yang cukup terkenal di kawasan ini adalah Penjara Kalisosok yang kini sudah tidak digunakan lagi.

House of Sampoerna terbuka untuk umum sepanjang tahun kecuali liburan Idul Fitri. Tidak ada biaya masuk untuk menikmatinya.

  1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Kalau di Malang ada JatimPark, kalau di lamongan ada Wisata Bahari Lamongan atau sering disebut WBL. Tempat wisata yang berlokasi di pantai utara Jawa, Paciran, Kab. Lamongan ini telah berdiri mulai tahun 2004, yang dulunya merupakan hasil perluasan dari Tempat Wisata Tanjung Kodok.

Apabila anda Bingung mencari tempat rekreasi keluarga yang juga sebagai tempat edukasi, di sinilah tempatnya. Selain harga tiket Wisata Bahari Lamongan WBL yang masih terjangkau, berbagai atraksi bisa disaksikan. Bermacam wahana dan aktifitas bisa dimainkan di WBL Wisata Bahari Lamongan. Mulai dari yang main air sampai wahana seru lainnya seperti layaknya kebanyakan themepark.

Beberapa wahana yang bisa dicoba di WBL Wisata Bahari Lamongan antara lain :

Wahana Air: Beberapa wahana air yang bisa dimainkan di WBL Wisata Bahari Lamongan antara lain: Banana Boat, King Donut Boat, Sepeda Air, Aqua Shuttle Boat, dan tentu saja Kolam Renang. Serta permainan lain yang pastinya seru untuk dimainkan bersama keluarga.

Wahana non air: Sedangkan wahana non air WBL Wisata Bahari Lamongan memiliki permainan seperti: Motor Cross, ATV, Speed Flip, Rotary Coaster, Crazy Car, serta puluhan permainan non air lainnya.

  1. Pantai Papuma Jember

Sedang berkunjung ke Jember, Jawa Timur? Sempatkan untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Papuma ya! Pantai ini masih jarang dijamah oleh wisatawan loh. Tak lupa, pantai ini memiliki eksotismenya tersendiri.

Pantai Tanjung Papuma memiliki keunikan karena letaknya yang menjorok ke laut. Nama Pantai Papuma sendiri merupakan akronim dari ‘pasir putih malikan’. Perjalanan menuju Pantai Tanjung Papuma yang terletak di Kecamatan Wuluhan ini ditempuh kurang lebih satu jam dari Kota Jember.

Keunikan lain yang dimiliki pantai ini adalah batu karang dan ombaknya yang besar. Anda bisa sekadar berjalan di pantai, bermain ombak, berkemah dan menikmati fasilitas lain seperti menyewa perahu yang dibanderol Rp 20.000 saja.  Harga tiket masuk dibanderol mulai dari Rp 15.000 untuk hari biasa, dan 17.000 untuk akhir pekan.

  1. Gunung Kelud

Sedang mengunjungi Kota Kediri? Cobalah untuk mampir sejenak ke wisata Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berada di Jawa Timur. Gunung ini juga menjadi gunung wisata di sekitar Kediri, Blitar, dan kota-kota lain yang berbatasan langsung dengan Gunung Kelud. Gunung Kelud termasuk gunung berapi yang paling aktif, beberapa tahun lalu gunung ini pernah mengalami letusan. Akan tetapi, dibalik bencana alam berupa letusan tersebut, kawasan Wisata Gunung Kelud masih menarik minat wisatawan.

Puncak Gunung Kelud dan kawahnya masih menjadi salah satu titik wisata yang menarik bagi sebagian wisatawan. Wisatawan bisa mendaki ke puncak Gunung ini untuk mengamati pemandangan indah di atas. Waktu terbaik berada di puncak Kelud adalah  saat matahari akan terbit.  Anda bisa menggunakan shuttle bus atau jeep, lalu mendaki sekitar 1 jam untuk sampai di atas.

Gunung Kelud pun memiliki sumber mata air panas yang terbentuk secara alami. Pasca letusan, sebagian Wisata Gunung Kelud memang mengalami kerusakan atau penurunan. Maka dari itu pemerintah setempat melakukan beberapa cara untuk mengembalikan tempat wisata Kelud dan menyaring para wisatawan lagi.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menambah fasilitas dan menambah tempat wisata di sekitar Gunung Kelud. Kini, ada wahana baru yang dinamakan Flying Fox Gunung Kelud. Wahana ini merupakan wahana luncur yang dapat dicoba oleh pengunjung yang datang. Flying fox ini akan melintas di sepanjang 100 meter.

  1. Goa Maharani Lamongan

Di Lamongan, selain ada Wisata Bahari dengan wahana-wahananya, ada juga loh yang bertemakan alam-alam. Nah, namanya ialah Goa Maharani Lamongan. Letaknya tak jauh dari WBL loh. Goa Maharani ini juga merupakan salah satu wisata yang menarik perhatian wisatawan di Lamongan. Goa Istana Maharani ini berada di Jalan Daendels, Paciran, Lamongan.

Stalaktit dan stalagmit yang dimiliki Goa Maharani memang cukup cantik dengan berbagai warna kala terkena cahaya. Apalagi stalaktit dan stalagmit tersebut juga masih terus tumbuh  hingga saat ini.

Goa yang begitu populer di tahun 1994 ini kini tidak hanya menyajikan keindahan stalaktit dan stalagmit goa namun juga terdapat berbagai satwa lucu. Nama wisata ini pun berganti menjadi Maharani Zoo dan satu pengelola dengan Wisata Bahari Lamongan, yakni PT. Bumi Lamongan Sejati yang bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Lamongan.

Fasilitas lain yang ditawarkan Goa Maharani adalah area parkir yang luas, toilet, dan penjual aneka oleh-oleh serta kuliner di bagian depan. Jika membutuhkan penginapan ada Tanjung Kodok Beach Resort.

Untuk tiket masuknya sendiri sekitar Rp 40.000 pada weekday dan Rp 60.000 di weekend dan hari libur. Anda juga bisa menggunakan tiket terusan dengan Wisata Bahari Lamongan sebesar Rp 70.000 pada weekday dan Rp 100.000 untuk hari libur dan weekend.

  1. Pemandian Air Panas Cangar, Batu

Di Malang, jika anda bosan berkunjung ke museum angkut, jatim park atau wisata lainnya, Anda bisa mengunjungi pemandian air panas. Melepas lelah dengan berendam di air panas alami. Salah satu pemandian air panas yang terkenal di batu malang adalah pemandian air panas cangar. Lokasinya berada di kawasan cangar, lereng gunung arjuno welirang. Letak tempat wisata ini masih alami, sehingga anda bisa berendam di dalam air panas dengan suasana pegunungan yang sejuk dan asri.

Pengunjung sudah disediakan kolam-kolam yang digunakan untuk berendam. Ada banyak jenis kolam. Ada kolam khusus wanita, kolam yang tertutup (privasi), kolam khusus berendam dan lainnya. Ada kolam yang didesain seperti tempat saunan di jepang. Jadi satu kamar mandi hanya digunakan untuk satu orang saja. Jadi anda tak perlu malu untuk berenang dengan orang lain.

Jika kalian hendak pergi ke sini, tiket masuk yang harus dibeli terbilang sangat terjangkau. Harga tiket masuknya hanya Rp.5.500,- per orang. Lalu harga parkir sepeda motor Rp.3000,- per kendaraan dan untuk parkir mobil Rp.5000,- per mobil. Harga ini bisa berubah kapan saja. Pada saat hari libur nasional, biasanya ada sedikit kenaikan. Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau, anda bisa berendam di air panas sepuasnya dan melihat pemandangan gunung yang alami dan asri.

  1. Songa Arung Jeram di Probolinggo

Songa Rafting Probolinggo merupakan sebuah wisata arum jeram yang dilakukan di sepanjang sungai Pakelan. Sumber air sungai Pakelan berasal dari mata air Gunung Lamongan dan mata air Gunung Argopuro.  Sedangkan untuk lebar sungai bervariasi, mulai dari 5 meter hingga 20 meter. Setiap peserta yang melakukan arum jeram akan melintasi berbagai medan, yang tentunya sangat seru. Dengan derai air sungai yang berliuk-liuk serta bebatuan membuat peserta yang melakukan rafting di sungai ini semakin merasa tertantang.

Jaraknya rute rafting yang harus ditempuh dari awal start hingga mencapai finish kurang lebih 12 km. Waktu tempuh kurang lebih membutuhkan 3,5 jam. Banyak sekali jenis jeram yang harus dilalui ketika melakukan rafting di sungai Pakelan ini, antar lain Pandawa, Welcome, Xtravaganza, Batu Jenggot, KPLA, Hiu, Tripple Ace, The Fly Matador, Rajawali, Long Rapid, Cucak Rowo, dan Good Bye.

  1. Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Masih di Probolinggo, wisata ini juga menjadi salah satu tujuan wisatawan loh. Yaitu, Air Terjun Madakaripura. Tempat wisata air terjun Madakaripura salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan taman nasional bromo tengger semeru. Ketika pertama kali Anda datang ke tempat ini, Anda akan dibuat terkagum-kagum setelah melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah.

Air Terjun Madakaripura Jawa Timur terkenal sebagai air terjun tertinggi yang berada di Pulau Jawa dan banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahannya. Air terjun ini memiliki ketinggian  sekitar 200 meter. Selain tertinggi di Pulau Jawa, air terjun  Madakaripura dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura yang terletak di daerah Sumatera Utara.

“Air Terjun Abadi” ini memang sangat pas untuk menyingkap lelahmu.

  1. Air Terjun Coban Rondo

Lagi-lagi kota Malang nih. Kalau yang satu ini biasa disebut Air Terjun Coban Rondo. Coban Rondo adalah salah satu objek Wisata Air Terjun Di Malang yang sudah populer sejak puluhan tahun lalu. Daya tarik utamanya adalah air terjun. Seperti namanya, coban dalam bahasa Jawa berarti air terjun.

Dulu, wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati suasana alam, pegunungan, air terjun, bahkan habitat asli monyet hutan. Saat ini, habitat monyet hutan tersebut sudah hilang. Sebagai gantinya, objek wisata ini mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan beberapa fasilitas seru yang bisa dilakukan para wisatawan selain menikmati keindahan alam.

Air terjun Coban Rondo memiliki ketinggian yang mencapai 84 meter. Dengan debit air yang deras saat musim hujan maupun musim kemarau, air terjun ini memang sangat indah. Ketinggian lokasi ini adalah 1.135 meter di atas permukaan laut. Walau demikian, akses untuk menuju Coban Rondo terbilang sangat mudah. Harga tiket yang murah juga menjadikan kawasan ini sangat populer. Apalagi di sana juga ada beberapa fasilitas penunjang seperti camping ground, outbond, kafe, dan sebagainya.

  1. Puncak B-29

Deretan pegunungan dan pantai di Indonesia selalu menarik para wisatawan untuk datang mengunjungi dan menikmati anugerah itu. Salah satu objek wisata alam di Indonesia yang sungguh mengagumkan adalah Puncak B29 Lumajang yang terkenal dengan sebutan “Negeri Di Atas Awan”. Dari puncak bukit ini kita bisa melihat hamparan lautan awan putih dan kita bisa menikmati sensasi seperti sedang berada diatas awan.

Sangat menyenangkan bukan jika sedang berada ditempat in? Jika sempat menginap, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan sunset dan sunrise yang tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan sunrise gunung bromo.

Lokasinya berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan sebagian besar penduduk dari Desa Argosari tersebut merupakan asli Suku Tengger. Berdekatan dengan Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Ketinggian puncak B29 lebih tinggi dari gunung bromo, yaitu 2900 mdpl dan sedangkan gunung bromo hanya 2393 mdpl. Baik puncak B2, gunung bromo dan gunung semeru, semua masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Ada 2 versi tentang penamaan B29 ini. Versi yang pertama adalah huruf B berarti Bukit dan angka 29 merupakan nomor urutan dari jumlah bukit disana. Versi yang kedua adalah penduduk sekitar menyebutnya “puncak songolikur” (dua sembilan, jawa) karena ketinggiannya 2900 mdpl.

  1. Simpang Lima Gumul, Kediri

Jika kamu berkunjung ke Kota Kediri, kamu akan menemui sebuah Monumen yang berdiri gagah di persimpangan lima jalan antara Kediri, Pare, Pagu, Wates/Pesantren, dan Gurah. Orang-orang menyebutnya Monumen Simpang Lima Gumul atau SLG. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang ramai di kota Kediri. Selain itu, tempat ini juga merupakan sentra ekonomi dan perdagangan di kabupaten tersebut. Monumen yang dibangun ini juga mengandung sebuah harapan yaitu majunya roda perekonomian Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul adalah ikon kabupaten Kediri. Bentuknya yang menyerupai Arc de Triomphe yang terletak di Paris, Perancis. Jika Arc de Triomphe memperingati para pejuang yang mati pada saat revolusi Perancis dan perang Napoleon, maka Monumen Simpang Lima Gumul ini diinspirasi oleh Raja Jongko Joyoboyo. Beliau adalah seorang raja yang berkuasa di abad 12 yang bercita-cita untuk menyatukan lima wilayah di kabupaten Kediri.

  1. Gumul Paradise Island Kediri

Kabupaten Kediri mempunyai beberapa tempat wisata air yang sudah terkenal hingga daerah lain bahkan manca negara. Salah satu yang terkenal adalah wisata Gumul Paradise Island atau disingkat GPI.

Gumul Paradise Island water park menyediakan berbagai macam kolam dengan berbagai ukuran kedalaman dan fasilitas. Ada beberapa jenis papan seluncuran dengan cat yang berwarna warni. Ada seluncuran biasa dengan tangga naik rendah atau body slide, seluncuran panjang dengan bentuk berkelok-kelok, serta seluncuran spiral atau biasa disebut dengan Fun Bumerang. Slider ini konon merupakan slider satu-satunya di Provinsi Jawa Timur yang ada di Gumul Paradise Island dengan tinggi sekitar 15 meter.

Tak hanya itu, GPI adalah sebuah taman wisata yang tidak hanya menonjolkan permainan air saja loh, namun juga wahana-wahana non air yang bisa dinikmati oleh pengunjung semua usia. Seperti scary house, flying fox, bioskop 4d, dan masih banyak yang lainnya. Yuk datang ke sini bersama keluargamu!

  1. Kediri Waterpark

Masih di Kediri nih, ada wisata air yang seru juga loh! Kediri Waterpark! Tempat ini terletak di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat wisata ini diklaim sebagai wisata taman air terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur, sebab, tempat ini mempunyai water slide atau seluncuran terpanjang dengan panjang mencapai 206 meter dan berada di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut.

Tergoda untuk mencoba slider yang memukau ini bukan? Tidak harus jauh-jauh hingga luar negeri. Jawa Timur mempunyai tempat wisata baru yang harus Anda coba. Selain lokasinya dekat, anggaran yang harus dikeluarkan juga lebih sedikit. Berwisata ke tempat bagus, tidak harus dengan mengeluarkan biaya mahal.

Berikut ini harga tiket masuk waterpark kediri terbaru yang dibedakan menjadi 2 yaitu tiket terusan dan tiket non terusan, bila kamu membeli tiket kategori terusan maka sudah termasuk free wahana air dan non air kecuali beberapa fasilitas seperti Gamezone, Gokart, Ban Berenang, Sepeda Udara, Loker, Makan dan Minum.

Harga Tiket Non Terusan

Selasa – Jumat   Rp 35.000

Sabtu – Minggu Rp 49.000

Anak Dengan Tinggi Dibawah 120 cm      Rp 15.000

Harga Tiket Terusan

Selasa – Jumat   Rp 45.000

Sabtu – Minggu Rp 69.000

Anak Dengan Tinggi Dibawah 120 cm      Rp 35.000

Jam Operasional Kediri Waterpark

Buka: Selasa s/d Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB, Senin Tutup.

Anda diwajibkan membawa kartu Brizzi untuk datang di tempat wisata ini, gunanya untuk membeli makanan maupun minuman, sebab pihak wisata bekerja sama dengan kartu Brizzi.

  1. Wisata Jawa Timur Park 2 Malang

Malang memang bisa dibilang menjadi Kota Wisata, bagaimana tidak, setelah Jawa Timur 1 sukses menarik perhatian masyarakat, kono Jawa Timur Group membuat Jawa Timur Park 2 untuk menambah wisata apik di Malang.

Ada banyak alasan kenapa kamu harus mengunjungi wisata Jatim Park 2 Malang ini. Selain wahananya unik, pilihannya juga banyak. Konsep yang ditawarkan ialah bermain sambil belajar.

Area wisata Jatim Park 2 dibagi menjadi 3 area utama, yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park. Untuk Secret Zoo dan Eco Green Park sama-sama memiliki koleksi binatang dan wahana permainan. Tapi tentu baik koleksi binatang dan permainannya berbeda. Dengan banyaknya permainan dan koleksi binatang serta lahan area wisata yang cukup luas, tidak jarang pengunjung membeli tiket paket 2 hari kunjungan di Jatim Park 2 ini karena selain bisa menikmati semua wahana yang ada sepuasnya tanpa tergesa-gesa, pengunjung juga akan lebih menghemat pengeluaran.

Lokasi Jatim Park 2 berada di jalan Jl. Oro-oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu – Jawa Timur Indonesia 65314 atau berjarak sekitar 750 meter dari Jatim Park 1 (lebih jelasnya sihalkan lihat peta wisata kota batu di sidebar).

Untuk jam bukanya, wisata ini dibuka setiap hari pada jam 10.00 sampai dengan pukul 18.00. Khusus untuk Eco Green Park sudah ditutup pada pukul 16.00 wib. Jadi jika Anda juga berencana berkunjung ke Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Secret Zoo) dan Eco Green Park, sebaiknya Anda berkunjung ke Eco Green Park terlebih dahulu.

Harga Tiket

Weekday

Rp.75.000,- (untuk 2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)

Rp.95.000,- (untuk 3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)

Weekend

Rp.105.000,- (2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)

Rp.125.000,- (3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)

Anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 85 cm harus membayar tiket penuh.

Nah, itulah tadi 26 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi yang ada di Jawa Timur. Jangan lupa ajak orang terdekat atau keluargamu ya!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here