Home News Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

119
0

 Sedang mengunjungi Kediri? Bingung ingin pergi ke mana saja? Di Kota penuh dengan sejarah ini, kamu akan menemukan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, loh. Dahulunya, di Kediri ada sebuah kerajaan yang cukup terkenal, yaitu kerajaan Kediri. Tak hanya itu, Kediri juga merupakan kota yang besar dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur. Maka dari itu, banyak tempat yang bisa kamu kunjungi.

Berikut tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kediri:

  1. Gunung Kelud

Siapa yang tak tau Gunung Kelud? Ya, Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berada di Jawa Timur. Gunung ini juga menjadi gunung wisata di sekitar Kediri, Blitar, dan kota-kota lain yang berbatasan langsung dengan Gunung Kelud.

Gunung Kelud termasuk gunung berapi yang paling aktif loh. Sebab, beberapa tahun lalu gunung ini pernah mengalami letusan. Akan tetapi, dibalik bencana alam berupa letusan tersebut, kawasan Wisata Gunung Kelud masih menarik minat wisatawan.

Di wisata ini, puncak dan kawahnya masih menjadi salah satu titik wisata yang menarik bagi sebagian wisatawan. Wisatawan bisa mendaki ke puncak Gunung ini untuk mengamati pemandangan indah di atas. Waktu terbaik berada di puncak Kelud adalah saat matahari akan terbit. Anda bisa menggunakan shuttle bus atau jeep, lalu mendaki sekitar 1 jam untuk sampai di atas.

Wisata ini memiliki sumber mata air panas yang terbentuk secara alami. Pasca letusan, sebagian Wisata Gunung Kelud memang mengalami kerusakan atau penurunan. Maka dari itu pemerintah setempat melakukan beberapa cara untuk mengembalikan tempat wisata Kelud dan menyaring para wisatawan lagi.

Pemerintah menambah fasilitas dan menambah tempat wisata di sekitar Gunung Kelud. Kini, ada wahana baru yang dinamakan Flying Fox Gunung Kelud. Wahana ini merupakan wahana luncur yang dapat dicoba oleh pengunjung yang datang. Flying fox ini akan melintas di sepanjang 100 meter.

  1. Simpang Lima Gumul

Di Kediri, kamu akan disuguhi dengan sebuah Monumen yang berdiri gagah di persimpangan lima jalan antara Kediri, Pare, Pagu, Wates/Pesantren, dan Gurah. Orang-orang menyebutnya Monumen Simpang Lima Gumul atau SLG.  Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang ramai di kota Kediri.

Selain itu, tempat ini juga merupakan sentra ekonomi dan perdagangan di kabupaten tersebut. Monumen yang dibangun ini juga mengandung sebuah harapan yaitu majunya roda perekonomian Kediri.

Bentuknya yang menyerupai Arc de Triomphe yang terletak di Paris, Perancis membuatnya menjadi ikon kabupaten Kediri. Jika Arc de Triomphe memperingati para pejuang yang mati pada saat revolusi Perancis dan perang Napoleon, maka Monumen Simpang Lima Gumul ini diinspirasi oleh Raja Jongko Joyoboyo. Beliau adalah seorang raja yang berkuasa di abad 12 yang bercita-cita untuk menyatukan lima wilayah di kabupaten Kediri.

  1. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island water park menyediakan berbagai macam kolam dengan berbagai ukuran kedalaman dan fasilitas. Ada beberapa jenis papan seluncuran dengan cat yang berwarna warni.

Terdapat seluncuran biasa dengan tangga naik rendah atau body slide, seluncuran panjang dengan bentuk berkelok-kelok, serta seluncuran spiral atau biasa disebut dengan Fun Bumerang. Slider ini konon merupakan slider satu-satunya di Provinsi Jawa Timur yang ada di Gumul Paradise Island dengan tinggi sekitar 15 meter.

Selain itu, GPI adalah sebuah taman wisata yang tidak hanya menonjolkan permainan air saja loh, namun juga wahana-wahana non air yang bisa dinikmati oleh pengunjung semua usia. Seperti scary house, flying fox, bioskop 4d, dan masih banyak yang lainnya, loh.

  1. Air Terjun Dolo

Ada yang menarik nih di Kediri. Apakah itu? Tentu saja, ada Air terjun Dolo Kediri Jawa Timur. Tempat ini merupakan tempat wisata alam di Kediri yang berada di dusun besuki, desa jugo, kecamatan mojo, kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Air terjun Dolo Besuki Kediri ini berlokasi di lereng gunung, yaitu gunung wilis. Gunung ini memiliki ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut. Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan membuat tempat wisata ini memiliki suhu yang amat dingin, bahkan ketika cuaca memburuk, wilayah ini akan tertutup oleh kabut. Tentu saja cuaca dingin dan suhu air yang dingin, akan bertambah dingin ketika kabut mulai datang.

Objek wisata air terjun Dolo memiliki beberapa fasilitas pendukung untuk para pengunjungnya, seperti warung makan atau kantin dan mushala. Selain itu, di sekitar kawasan air terjun juga menyediakan fasilitas untuk tempat olahraga lari pagi (jogging track) dan mendaki (hiking area).

Disini juga terdapat taman bermain (play ground) dan tempat perkemahan (camping ground) untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda. Bagi para pengunjung yang ingin bermalam lebih nyaman, mereka bisa menginap di beberapa villa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun yang berjarak sekitar 4 kilometer.

Beberapa meter dari air terjun, terdapat kebun sayur dan stroberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu. Untuk wisatawan yang berkunjung dapat membeli sayuran dan stroberi yang masih segar atau dapat memetiknya sendiri.

  1. Wisata Sumber Umbalan Kediri

Yang Kali ini ialah Wisata Sumber Ubalan Kediri. Kawasan ini adalah salah satu tempat wisata alam, yang berada di Desa Pojok , Kecamatan Mojoroto , Kabupaten Kediri. Wisata Sumber Ubalan Kediri, adalah tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari.

Harga tiket masuk ke Wisata Sumber Ubalan Kediri , terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Wisata Sumber Ubalan Kediri . bukanlah hal yang murahan.

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota kediri  tidak menggunjungi wisata alam  yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya .

Wisata Sumber Ubalan Kediri ,sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran,Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan Wisata Sumber Ubalan Kediri , ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di didekat ataudi kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat Wisata Sumber Ubalan Kediri  di kota kediri.

  1. Gua Selomangleng

Jika berkunjung ke Kota Kediri tidak afdol rasanya jika tidak mampir ke Gua Selomangleng. Gua ini merupakan objek wisata populer di Kotamadya Kediri yang berada di utara kota dan dilengkapi akses jalan raya yang mulus, tersedia angkutan kota dan dekat dengan universitas serta SMA Negeri di Kota Kediri.

Dinamakan Selomangleng dikarenakan lokasinya yang berada di lereng bukit (bahasa Jawa: Selo = batu, Mangleng = miring), kira-kira 40 meter dari tanah terendah di kawasan. Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam yang berukuran cukup besar, sehingga tampak cukup menyolok dari kejauhan.

Beberapa meter dibawah mulut gua terdapat beberapa bongkahan batu yang berserakan. Sebagian di antaranya terdapat pahatan, menandakan bahwa tempat ini sudah pernah disentuh manusia. Berbagai corak relief menghiasai dinding luar gua, di antaranya ada yang berbentuk manusia.

Gua yang terbuat dari batuan andesit ini kedap air. Tidak ada stalagtit maupun stalagmit yang umum dijumpai pada gua-gua alam. Terdapat tiga ruangan dalam gua, dari pintu masuk kita akan tiba di ruangan utama yang tidak begitu lebar dengan sebuah pintu kecil di sisi kiri dan kanan untuk menuju ruangan lain dari dalam gua.

  1. Wisata Edukasi Kampung Inggris Pare

Ingin bertamasya sekaligus belajar? Di Kampung Inggris Pare ini solusinya. Kampung Inggris yang teletak di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur ini menawarkan banyak lembaga belajar bahasa. Semula memang hanya bahasa Inggris, kemudian berkembang hingga ada juga bimbingan belajar bahasa Arab.

Wisata edukasi ini dibuka pada tahun 1980-an. Pada saat itu, jumlah bimbingan belajar di sini masih hitungan jari. Kini, sudah ada sekitar 146 lembaga bimbingan belajar di Desa Tulungrejo dan 20 di Desa Pelem, loh. Kedua desa ini telah menjelma menjadi Desa Wisata Edukasi. Tak heran banyak penduduk dari luar daerah berkunjung untuk menimba ilmu di Kampung Inggris yang berjarak 23,5 km dan ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Kediri.

Tertarik? Daftarkan dirimu segera, ya!

  1. Candi Surawana Kediri

Ingin berwisata sejarah? Kediri gudangnya! Salah satunya ialah Candi Surawana.

Candi Surawana (Surowono) ini adalah candi Hindu yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sekitar 25 km arah timur laut dari Kota Kediri. Candi yang nama sesungguhnya adalah Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Raja Wengker ini mangkat pada tahun 1388 M. Dalam Negarakertagama diceritakan bahwa pada tahun 1361 Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung bahkan menginap di Candi Surawana. Candi Surawana saat ini keadaannya sudah tidak utuh. Hanya bagian dasar yang telah direkonstruksi.

Candi Surowono ini buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

  1. Wisata Tjoe Hwie Kiong Kediri

Siapa yang mengelak keindahan tempat satu ini? Pernah mendengar tempat ini bukan? Ya, Wisata Tjoe Hwie Kiong di Kediri ini memang sangat diminati banyak orang.

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri dibangun pada 1895 oleh orang-orang keturunan Tionghoa di Kediri yang secara bergotong royong mengumpulkan dana untuk bersama-sama membangung tempat ibadah ini. Mereka kebanyakan adalah para imigran yang berasal dari daerah Fujian di Tiongkok yang datang ke Hindia Belanda untuk memperbaiki nasib.

Tempat ini adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Tjoe Hwie Kiong Kediri memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Nah, maka dari itu, sangat disayangkan jika anda sedang berada di kota Kediri tetapi tidak mengunjungi wisata Tjoe Hwie Kiong Kediri yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

  1. Candi Tegowangi Kediri

Ada pilihan wisata sejarah lagi nih. Yaitu Candi Tegowangi. Candi Tegowangi merupakan candi yang terletak di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Indonesia.

Menurut Kitab Pararaton, candi ini merupakan tempat Pendharmaan Bhre Matahun. Sedangkan dalam kitab Negarakertagama dijelaskan bahwa Bhre Matahun meninggal tahun 1388 M. Maka diperkirakan candi ini dibuat pada tahun 1400 M dimasa Majapahit karena pendharmaan seorang raja dilakukan 12 tahun setelah raja meninggal dengan upacara srada.

Candi ini memliki banyak relief dan berdiri dalam satu kompleks, terlihat seperti persegi panjang.

 

  1. Wisata Alam Air Terjun Irenggolo Di Kediri

Selain Air Terjun Dolo, ada satu lagi air terjun yang menarik untuk kita kunjungi di Kediri, loh. yaitu Air Terjun Irenggolo. Lokasinya di sekitar 20 km dan sekitar 30 menit berkendara dari Kota Kediri. Pemandangan pegunungannya sangat luar biasa indah.

Selain itu, di sini para wisatawan dapat menjumpai hal menarik, seperti hutan teduh alami pinus, taman bermain, camping ground, hiking dan jogging area. Juga ada banyak pohon yang menambah kehijauan dan pemandangan indah untuk mata Anda.

  1. Gereja Puh Sarang Di Kediri

DI Kediri, ada sebuah gereja yang cukup unik namanya Gereja Puh Sarang. Lokasinya ada di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen Kediri. Nah, makanya itulah mengapa Gereja tersebut bernama Gereja Puhsarang.

Lokasi berada di 10 km dari Kediri Barat. Gereja tua ini telah dibangun oleh Ir. Heendricus Maclaine atas nama Mr Yohanes Humbertus Wolters CM pada tahun 1931. Arsitekturnya berkolaborasi antara Eropa dan Majapahit, membuatnya namak begitu apik bukan? Kombinasi dengan budaya lokal dan Kristen tentunya semakin membuat Gereja ini menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Gereja ini juga merupakan pembentukan pertama dari kompleks “Gereja Antik”. Gereja Puhsarang. Struktur gereja ini memiliki bentuk gaya arsitektur yang unik dan kita bisa melihat patung unik Tuhan Yesus dan orang-orang di jalan dan disalib. Jika kita melihat gereja ini, kita akan melihatnya seperti sebuah kapal dari gunung. Bentuknya menggambarkan cerita penyelamatan Nabi Nuh dan penumpangnya.

Tak hanya itu, bangunan-bangunan di daerah gereja dibangun dari batu-batuan yang besar. Batu tersebut diambil dari bahan-bahan di sekitar kawasan wisata tersebut.

  1. Gua Maria Pohsarang

Di Kediri, selain ada Gereja Unik, ada juga loh patung Bunda Maria yang menarik untuk kita kunjungi nih. Tempat wisata ini berlokasi masih berdekatan dengan Gereja Puh Sarang. Jadi, apabila kalian sedang berada di Gereja Pohsarang bisa mampir ke sini ya!

Tempat ini menjadi lokasi ziarah agama Katolik yang berlokasi di kompleks Gereja Pohsarang desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kediri. Letaknya 10 km arah barat kota Kediri. Pada tanggal 11 Oktober 1998 dimulai pembangunan Gua Lourdes yaitu replika Gua Maria Lourdes yang terdapat di Perancis. Hal tersebut disebut Gua Maria Lourdes karena di dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis, dengan bentuk kecil. Selain itu, di sekitar patung yang kecil di gua pertama terdapat tulisan di atas kuningan yang menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda.

Wah menarik sekali bukan? Yuk datang ke sini!

  1. Wisata Menantang Konto River Rafting Di Kediri

Memiliki hobi olahraga ekstrim? Salah satunya arung jeram? Nah, ada tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Kini saatnya untuk mencoba adrenalin di sungai Konto, Kediri. Tempat ini lokasinya ada di Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kediri. Sekitar 40 km dari Simpang Lima Gumul, arah ke Timur Laut. Atau  juga bisa 40 menit berkendara dari pusat kota Kediri. Gampang bukan ?

Di sungai sepanjang lebh kurang 13 km ini, pengunjung akan dimanjakan dengan wisata adrenalin yang sungguh menarik. Meskipun masih terbilang wisata yang baru, namun tempat wisata ini agaknya sudah mengundang minat masyarakat banyak loh. Nah, kalau begitu tunggu apa lagi?

  1. Wisata Pagora Kediri

Nah, yang satu ini namanya Pagora. Pagora merupakan sebuah yayasan yang dibangun sebagai wahana pendidikan, olah raga, serta sosial.  Tak salah jika kita melihat sekolahan (seperti TK, SMA, dan SMK) tak jauh dari lokasi taman wisata.

Lokasinya yang terletak di dalam kota. Hal ini memudahkan pengunjung mencapai tempat ini. Harga tiket masuknya yang murah (Rp. 5.000,- untuk anak-anak dan Rp. 7.500,- untuk dewasa) membuat tempat ini selalu ramai pengunjung khususnya di hari Minggu atau hari libur lainnya.

Taman wisata Pagora memiliki beberapa kolam renang, kolam pemancingan, kebun binatang mini (mini zoo), arena permainan serta arena out bond.  Kolam renang sendiri terbagi menjadi 2 bagian, anak-anak dan dewasa.  Pada kolam renang anak, terdapat kolam untuk balita dan anak-anak. Sedangkan untuk kolam renang dewasa, memiliki standar nasional.

Kolam renang ini berasal dari sumber mata air asli, sehingga tidak menggunakan kaporit yang membuat pedih mata saat kita berenang. Petugas juga dengan rajin menguras kolam, setidaknya 2 kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Sabtu. Tak heran jika air di kolam selalu kelihatan bersih dan segar. Sangat menyenangkan bukan ?

  1. Wisata Kuliner Sate Bekicot

Pernah merasakan kelezatan sate bekicot? Nah, sate siput atau yang lebih tenar disebut sate bekicot telah menjadi makanan khas yang patut dicoba saat berkunjung ke Kota Kediri, loh. Makanan lezat ini juga termasuk menjadi salah satu menu favorit untuk buka puasa di sini.

Tekstur daging bekicot begitu kenyal dan sangat empuk ketika digigit membuat masyarakat gemar memakannya. Apalagi, sate bekicot yang dipadu dengan bumbu kacang itu menambah citarasa yang gurih.

Harga sate bekicot relatif murah. Satu porsi yang berisi 20 sate bekicot seharga Rp 8.000. Untuk dibawa pulang bisa memilih 50 tusuk sate bekicot yang sudah dibungkus daun pisang seharga Rp 20.000. Selain sate, tersedia kresengan bekicot seharga Rp 8.000 yang bisa dibungkus dan dibawa pulang. Untuk olahan lainnya ada juga keripik bekicot.

Adapun sejumlah warung makan yang menyediakan kuliner enak ini ada di kawasan Dusun Jengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten. Lokasinya berjarak tempuh sekitar 15 kilometer dari Simpang Lima Gumul (SLG) arah ke Plosoklaten, atau satu kilometer dari Polsek Plosoklaten arah ke Kecamatan Wates.

  1. Kediri Waterpark

Selanjutnya ada wisata air yang seru juga loh namanya Kediri Waterpark! Tempat ini terletak di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat wisata ini diklaim sebagai wisata taman air terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur, sebab, tempat ini mempunyai water slide atau seluncuran terpanjang dengan panjang mencapai 206 meter dan berada di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut.

Tergoda untuk mencoba slider yang memukau ini bukan? Tidak harus jauh-jauh hingga luar negeri. Jawa Timur mempunyai tempat wisata baru yang harus Anda coba. Selain lokasinya dekat, anggaran yang harus dikeluarkan juga lebih sedikit. Berwisata ke tempat bagus, tidak harus dengan mengeluarkan biaya mahal.

Berikut ini harga tiket masuk waterpark kediri terbaru yang dibedakan menjadi 2 yaitu tiket terusan dan tiket non terusan, bila kamu membeli tiket kategori terusan maka sudah termasuk free wahana air dan non air kecuali beberapa fasilitas seperti Gamezone, Gokart, Ban Berenang, Sepeda Udara, Loker, Makan dan Minum.

Harga Tiket Non Terusan

Selasa – Jumat   Rp 35.000

Sabtu – Minggu Rp 49.000

Anak Dengan Tinggi Dibawah 120 cm       Rp 15.000

Harga Tiket Terusan

Selasa – Jumat   Rp 45.000

Sabtu – Minggu Rp 69.000

Anak Dengan Tinggi Dibawah 120 cm       Rp 35.000

Jam Operasional Kediri Waterpark

Buka: Selasa s/d Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB, Senin Tutup.

Anda diwajibkan membawa kartu Brizzi untuk datang di tempat wisata ini, gunanya untuk membeli makanan maupun minuman, sebab pihak wisata bekerja sama dengan kartu Brizzi.

  1. Wisata Petilasan Sri Aji Jayabaya Kediri

Wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Petilasan Sri Aji Jayabaya Kediri adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Kediri tidak mengunjungi wisata Petilasan Sri Aji Jayabaya Kediri yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Petilasan Sri Aji Jayabaya Kediri sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan wisata  Petilasan Sri Aji Jayabaya Kediri ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Petilasan Sri Aji Jayabaya di kota Kediri.

Petilasan Sri Ajijayabaya merupakan destinasi yang sarat makna histori. Di situs budaya ini, anda akan diajak untuk mengenang kebesaran Sang Prabu yang dikenal dengan ramalannya “Jongko Joyoboyo” ini. Destinasi utama di situs ini adalah tiga loka yang menjadi fase moksa (menghilangnya) Sri Aji Jayabaya.

  1. Wisata Gunung Klotok

Gunung Klotok ini terletak di Jawa Timur di sebuah kota kecil berjulukan Kota Tahu yaitu Kota Kediri. Wisata Gunung Klotok merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kediri selain taman wisata Pagora dan Gunung Kelud.

Di sini terdapat berbagai macam wahana dan sarana yang bisa dinikmati diantaranya kolam renang, wahana bermain keluarga, museum Airlangga, Goa selomangleng, petilasan Mbah Boncolono yang berada di Bukit Maskumambang dan lainnya.

Di wisata Gunung Klothok Kediri, anda sudah bisa menikmati paket wisata yang cukup lengkap. Selain tersedia fasilitas Kolam renang dan wahana bermain untuk anak, area gunung Klothok menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Kediri untuk kegiatan olahraga dan bersepeda.

Oh ya, di sini juga ada sirkuit motocross. Biasanya diadakan di hari Minggu akan ada penghobby motocross yang berlaju disini. hehe. Tak hanya itu, disini juga ada warung-warung makan yang bisa anda singgahi untuk menyantap makanan Kediri sambil menikmati pemandangan alam Gunung Klotok.

  1. Gunung Maskumambang

Nah, masih bertemakan gunung nih. Yang satu ini bernama Gunung Maskumambang. Tempat ini adalah gunung di Kediri yang dikelilingi oleh bukit – bukit, bukit ini merupakan terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis atau bisa dikatakan sebelah timur Gunung Wilis, Gunung Maskumambang ini mempunyai udara yang sejuk karena di kelilingi pohon kehijaun yang sangat banyak. Apalagi sudah ada fasilitas anak tangga jika didaki melalui jalur barat.

Banyak pengunjung datang di bukit ini untuk mendaki karena ketinggian Maskumambang tidak begitu tinggi sekitar 300 meter dibawah permukaan laut. Gunung ini amat sejuk ini bisa buat bersantai. kalau anda berjalan di anak tangga semakin jauh semakin menarik suasana di atas Gunung Maskumambang karena bisa melihat pemandangan kota Kediri. Di puncak bukit ini terdapat makam Astana Boncolono. Di bagian bawah bukit terdapat prasasti yang menunjukkan penyerahan fasilitas ini oleh keluarga Boncolono ke pemkot Kediri untuk dijadikan salah satu aset wisata. Gunung Maskumambang berlokasi di ujung barat Kota Kediri, Kecamatan Mojoroto, Jawa Timur.

  1. Candi Setono Gedong

Berwisata ke tempat sejarah Candi Setono Gedong Kediri ini akan sangat cocok untuk mengisi liburan maupun waktu luang bersama keluarga atau bersama teman. Salah satu tempat wisata yang berada di Kediri ini mewarkan keindahan bagi para pengunjungnya.

Situs Astana Dan Candi Setono Gedong Kediri juga terkenal dengan situs yang menyimpan banyak misteri. Di tempat ini tidak ditemukan prasasti bertulis yang bisa mengungkap riwayat candi. Yang ada hanya terdapat relief Garuda dan sisa batu candi, serta cerita samar-samar yang belum diketahui kejelasannya.

Walaupun masih dikatakan kurang namun Astana Dan Candi Setono Gedong Kediri sudah mempunyai beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut diantaranya:

  • Area Parkir Kendaraan
  • Masjid
  • Kamar Mandi
  • Tempat Istirahat
  • Spot Foto
  1. Taman Kilisuci Kediri

Ada salah satu tempat wisata taman yang berada di Desa  Tulungrejo, Kecamatan  Pare ,  kabupaten kediri , provinsi jawa timur , negara indonesia  .

Wisata Taman Kilisuci Kediri , adalah Tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari.

Harga tiket masuk ke  Wisata Taman Kilisuci Kediri , terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh  Wisata Taman Kilisuci Kediri , bukanlah hal yang murahan.

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota kediri , tidak menggunjungi wisata taman , yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya. Wisata Taman Kilisuci Kediri , sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru.

Keindahan Wisata Taman Kilisuci Kediri, ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di di dekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat  Wisata Taman Kilisuci Kediri di kota kediri.

  1. Monumen Kediri Syu

Monumen Kediri Syu berada di sebuah bundaran kecil di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, Kediri, Jawa Timur, di depan bekas Rumah Dinas Residen Kediri. Kediri Syu berupa sebuah patung pria berukuran besar yang mengenakan seragam model tentara Jepang.

Nah, Monumen Kediri Syu dibuat untuk mengenang keberadaan dan jasa-jasa pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang berada di wilayah Karesidenan Kediri baik di jaman Jepang dan terutama pada saat revolusi fisik masih berlangsung. Harus diakui bahwa latihan militer yang diberikan Jepang menjadi pengalaman berharga bagi para pejuang. Keindahan dan jiwa kota Kediri terlihat pada karya seni, benda, bangunan dan monumen bersejarah semacam ini yang membuat penduduknya selalu ingat pada akar sejarah dan budaya Kediri.

  1. Museum Fotografi kediri

Suka dengan fotografi? Ingin mengerti bagaimana sejarah dan beraneka macam ragam fotografi? Tempat ini yang paling pas! Museum Fotografi Kediri namanya.

Harga tiket masuk ke Wisata Museum Fotografi Kediri terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang ditawarkan oleh Wisata Museum Fotografi Kediri bukan hal yang murahan.

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota kediri , tidak menggunjungi wisata sejarah ,yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya ini. Wisata Museum Fotografi Kediri ,sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda.

  1. Museum Airlangga Kediri

Masih bertemakan museum nih. Ada lagi museum yang apik di Kediri, yaitu Museum Airlangga. Museum Airlangga terletak di Jalan Mastrip 1, Kawasan Wisata Selomangleng Kediri, yang mencakup Pura Penataran Agung Kilisuci dan Gua Selomangleng. Kawasan ini mudah dicapai dengan angkutan umum dari kota.

Museum Airlangga menyimpan ratusan koleksi arkelogi peninggalan jaman Majapahit dan kerajaan Kadiri. Beberapa barang peninggalan sudah di-repro, tetapi sebagian besar adalah barang asli.

Di depan museum berdiri replika arca Airlangga sebagai Dewa Wisnu yang ditemukan di Candi Belahan di lereng Gunung Penanggungan, Jawa Timur. Aslinya berada di Pusat Informasi Majapahit, Trowulan, Mojokerto.

Koleksi Museum Airlangga terdiri dari sejumlah patung, baik dewa-dewi Hindu maupun patung primitif. Bahkan tersembul sebuah patung Dewa Bumi dalam kepercayaan China. Patung ini mungkin berasal dari kuburan China di dekat pura.

Bagi kalian yang mengagumi wisata sejarah. Jangan lupa datang yaa!

  1. Wisata Bermain Keluarga Titroyoso

Yang terakhir dari Kediri ini jangan dilewatkan ya! Ada Taman Wisata Tirtoyoso Park Kediri yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64129.

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Kediri. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Taman Wisata Tirtoyoso Park adalah Rp20,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Taman Wisata Tirtoyoso Park adalah Rp22,000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Taman Wisata Tirtoyoso Park buka jam 07.00 dan tutup jam 18.00. Dilengkapi dengan suasana yang teduh membuat tempat ini begitu banyak diminati masyarakat.

Nah, itu tadi ulasan mengenai tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kediri. Jangan lupa untuk ajak keluarga dan orang terdekatmu ya karena Kediri sayang untuk dilewatkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here